1. Tujuan
Mahasiswa mampu membuat animasi 3D dari sebuah logo berdasarkan deskripsi komunitas dan video referensi.

2. Alat
Maxon Cinema 4D
Adobe After Effects

3. Bahan
Video referensi yang diperoleh pada praktikum 08


4. Dasar Teori
Adobe after effect adalah software yang diciptakan oleh Adobe yang berfungsi untuk pembuatan iklan, intro film, dan pemberian efek pada video berdurasi pendek. Adobe After Effect sangat unggul untuk kebutuhan  Motion Graphic Design.
Adobe after effect sangat populer dikalangan animator karena memiliki fasilitas yang sangat beragam. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Program ini memiliki standart effect mencapai lebih dari 50 macam yang dapat digunakan untuk menganimasikan objek yang kamu buat. Di After Effect proses membuat animasi juga dapat dilakukan hanya dengan mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Elementary telah menjadi panel berfitur lengkap untuk membantu Anda bekerja dengan Bentuk dan plugin 2D / 3D di After Effects.
Anchors
Gunakan Dasar untuk secara otomatis menyortir plugin 3D dan lapisan 3D, dan mengontrol posisi, rotasi dan skala Bentuk atau model 3D menggunakan Null Objects. Ini memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan dan menempatkan secara akurat objek 3D dan titik pivotnya, dan meng-induknya ke layer AE lainnya.
Pins
Lampirkan parameter 2D plugin apa pun termasuk Alat Wayang ke objek null atau 3D null.
Shadows, Reflections
Keluarkan bayangan dari objek 3D ke lapisan 3D AE, atau ubah lapisan 3D apa pun menjadi cermin.
Linkage
Buat salinan dari setiap lapisan dan efeknya yang akan ditautkan dengan yang asli, meskipun salinannya ditempatkan di komposisi lain. Dan mengontrol bagaimana salinan efek harus dikaitkan dengan efek asli untuk memastikan rendering tetap secepat mungkin.
Camera cut-off
Plugin yang mendukung cut-off kamera dapat digunakan untuk membuat lintasan kedalaman. Anda juga dapat mengirisnya menjadi dua bagian untuk menempatkan lapisan lain di antaranya.
Effects
Buat efek lanjutan yang disesuaikan untuk Element 3D dan plugin lainnya. Ubah tampilan model Anda dengan efek Cel-Shading dan Dragan.

5. Tugas Praktikum
Buatlah animasi logo untuk komunitas di MMB berdasarkan video referensi yang diperoleh dari praktikum sebelumnya.

6. Petunjuk Praktikum
Gunakan video referensi yang diperoleh pada praktikum sebelumnya sebagai inspirasi dari praktikum ini.
Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 9 dan ke 10.
Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 09 dan laporan prak 10.
Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim. Idealnya, dari laporan praktikum dapat disimpulkan terkait pembagian tugas antar anggota tim dan hasil yang diperoleh masing-masing anggota.

7. Hasil Praktikum
- screen shot sketch


8. Kesimpulan
    Kami menemukan titik jenuh dalam pembuatan animasi di praktikum ini yang membuat kami tidak menghasilkan apapun di Praktikum minggu ini. Kami menghabiskan banyak waktu untuk terus berganti referensi untuk menemukan video tutorial yang tepat.
    Kesulitan lain adalah saat tutorial tidak dapat ditirukan dengan mudah. Seperti saat kami ternyata tidak memiliki plugin yang sama dengan pemilik tutorial atau aplikasi kami yang tidak sama dengan pemilik tutorial. Sekalipun telah menemukan yang pas, proses rendering memakan waktu begitu lama.

9. Referensi
Fattu Tutorials