1. Tujuan
Mahasiswa mampu mengumpulkan beberapa video animasi untuk digunakan sebagai referensi visual.

2. Alat
  1. Browser (ex. Chrome, Firefox, Safari, IE, …)
  2. Search Engine (ex. Google, Bing, Yandex, …) 
3. Bahan
  1. Video 

4. Dasar Teori
Adobe after effect adalah software yang diciptakan oleh Adobe yang berfungsi untuk pembuatan iklan, intro film, dan pemberian efek pada video berdurasi pendek. Adobe After Effect sangat unggul untuk kebutuhan  Motion Graphic Design.
Adobe after effect sangat populer dikalangan animator karena memiliki fasilitas yang sangat beragam. Mulai dari pengaturan pergerakan, pencahayaan, kamera, objek 3d dan didukung oleh plugin yang sangat banyak. Program ini memiliki standart effect mencapai lebih dari 50 macam yang dapat digunakan untuk menganimasikan objek yang kamu buat. Di After Effect proses membuat animasi juga dapat dilakukan hanya dengan mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Elementary telah menjadi panel berfitur lengkap untuk membantu Anda bekerja dengan Bentuk dan plugin 2D / 3D di After Effects.
Anchors
Gunakan Dasar untuk secara otomatis menyortir plugin 3D dan lapisan 3D, dan mengontrol posisi, rotasi dan skala Bentuk atau model 3D menggunakan Null Objects. Ini memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan dan menempatkan secara akurat objek 3D dan titik pivotnya, dan meng-induknya ke layer AE lainnya.
Pins
Lampirkan parameter 2D plugin apa pun termasuk Alat Wayang ke objek null atau 3D null.
Shadows, Reflections
Keluarkan bayangan dari objek 3D ke lapisan 3D AE, atau ubah lapisan 3D apa pun menjadi cermin.
Linkage
Buat salinan dari setiap lapisan dan efeknya yang akan ditautkan dengan yang asli, meskipun salinannya ditempatkan di komposisi lain. Dan mengontrol bagaimana salinan efek harus dikaitkan dengan efek asli untuk memastikan rendering tetap secepat mungkin.
Camera cut-off
Plugin yang mendukung cut-off kamera dapat digunakan untuk membuat lintasan kedalaman. Anda juga dapat mengirisnya menjadi dua bagian untuk menempatkan lapisan lain di antaranya.
Effects

Buat efek lanjutan yang disesuaikan untuk Element 3D dan plugin lainnya. Ubah tampilan model Anda dengan efek Cel-Shading dan Dragan.

5. Tugas Praktikum
Kumpulkan beberapa video referensi animasi logo yang dirasa tepat untuk komunitas di MMB. Dengan beberapa kriteria berikut:
  1. Jumlahnya minimal 3
  2. Dibuat oleh artis di bidangnya, makin profesional makin baik.
6. Petunjuk Praktikum
  1. Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
  2. Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
  3. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi hasil diskusi dan review oleh seluruh anggota tim baik terhadap video yang menjadi pilihan maupun yang tidak dipilih
7. Hasil Praktikum
- hasil diskusi
Ternyata dari ketiga video yang kami peroleh, semua tekniknya hampir sama yaitu dengan memainkan element di after effect, bedanya adalah logo input nya. Video yang pertama, Menggunakan vektor yang di kerjakan di AI terlebih dahulu dan setelah itu menggunakan plugin elementary. Selain itu disini kami jadi tau kalau perlu adanya konsep dalam pembuatan video 3D logo. Juga kita harus paham dasar-dasar bagaimana sih benda 3D itu, agar kita bisa memakai effect yang tepat sesuai dasar 3D dan konsep kita.

8. Kesimpulan
Dari praktikum kali ini kami belajar mengamati proses pembuatan video-video animasi dan juga menemukan hal-hal baru yang belum kami coba di praktikum sebelumnya.

9. Referensi