1. Tujuan
Menerapkan pengalaman praktikum sebelumnya pada masyarakat sekitar. Studi kasus komunitas-komunitas di MMB.

2. Alat
     1. Maxon Cinema 4D
     2. Adobe After Effects

3. Bahan
 Logo komunitas di MMB "CREATIVE RADIO"

4. Dasar Teori
Animasi 3D merupakan penciptaan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Hal ini dilakukan dengan membuat frame yang mensimulasikan masing-masing gambar, difilmkan dengan kamera virtual, dan output-nya berupa video yang sudah di-rendering atau Realtime, jika tujuannya untuk membuat game. Animasi 3D biasanya ditampilkan dengan kecepatan lebih dari 24 frame per detik.
Konsep animasi 3D sendiri adalah sebuah model yang memiliki bentuk, volume, dan ruang. Animasi 3D merupakan jantung dari game dan virtual reality, tetapi biasanya animasi 3D juga digunakan dalam presentasi grafis untuk menambahkan efek visual ataupun film. Seperti yang sudah disebutkan di atas, objek 3D mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek ini memiliki koordinat X, Y, dan Z. Jika pada animasi 2D, objek hanya dapat digerakkan ke dua arah, yaitu ke kanan – kiri (X) dan atas – bawah (Y), maka berbeda dengan animasi 3D. Pada animasi 3D, objek dapat digerakkan ketiga arah, yaitu ke kanan – kiri (X), atas – bawah (Y) dan depan – belakang (Z). Pada umumnya objek 3D memiliki sub objek berupa elemen-elemen pembentuk objek tersebut, yang berupa Vertex, Edge, dan Face. Vertex merupakan titik yang terletak pada koordinat X, Y, Z. Penggabungan dua Vertexakan menjadi Edge. Tiga Vertex dan Edge yang terbentuk dalam bidang permukaan berupa kurva tutup akan menghasilkan Face. Kumpulan dari Vertex, Edge, dan Face akan menjadi sebuah objek utuh yang disebut dengan Mesh.
Radio merupakan sebuah teknologi komunikasi dengan cara mengirimkan sinyal melalui gelombang elektromagnetik. Teknologi komunikasi saat ini yang sudah sangat canggih sekalipun tetap menggunakan konsep-konsep dari gelombang radio tersebut. Bahkan para astronot agar bisa tetap berkomunikasi dengan bumi menggunakan sinyal radio karena gelombang elektromagnetik bisa merambat di ruang hampa udara. Gelombang radio tercipta ketika  sebuah objek yang bermuatan listrik di modulasi atau ditingkatkan frekuensinya. Sehingga kita mengenal satuan frekuensi untuk radio yang paling kecil ialah 10 Hertz sampai yang paling tinggi 10 giga hertz. Sebenarnya gelombang elektromagnetik tidak hanya radio, ada gelombang lain yang lebih tinggi tingkat frekuensinya yaitu sinar gamma, ultraviolet, X ray, inframerah.
Cara kerja radio itu sendiri cukup simple. Gelombang radio dibawa oleh atau dipancarkan oleh gelombang pembawa, gelombang radio dipantulkan oleh lapisan udara dibagian atmosphere bumi, tepatnya pada lapisan ionosfer. Pada lapisan inilah gelombang radio dipantulkan kembali ke bumi dan ditangkap oleh menara penerima sinyal.

5. Tugas Praktikum
Membuat  animasi logo untuk komunitas di MMB.

6. Petunjuk Praktikum
a.  Gunakan pengalaman-pengalaman praktikum sebelumnya untuk mengerjakan praktikum ini.
b.  Kerjakan secara berkelompok. 1 kelas dibagi menjadi sejumlah komunitas di MMB.
c. Masing-masing kelompok menentukan ketua. Ketua memiliki kewajiban yang sama dengan anggota. Ketua juga memiliki tugas tambahan untuk menentukan arah, membagi tugas, dan merekap progress.
d. Waktu pengerjaan sebanyak 2 pertemuan yaitu pada minggu ke 6 dan ke 7.
e.  Laporan praktikum dikumpulkan di setiap akhir sesi praktikum. Berarti terdapat laporan prak 06 dan laporan prak 07.
f.  Laporan praktikum berisi laporan tertulis terkait hasil praktikum di masing-masing sesi praktikum.
g. Laporan praktikum dikerjakan secara individu. Berisi progress atau hasil kerja dari masing-masing anggota tim.


7. Hasil Praktikum




8. Kesimpulan
Kami memutuskan untuk membuat logo komunitas Radio MMB sendiri karena pada komunitas Radio belum memiliki logo namun hanya berupa typography. Kami mengikuti tutorial yang ada di youtube dan sedikit mengubah atau mengurangi beberapa langkah yang ada. Selebihnya pembuatan logo ini termasuk mudah mengingat tutorial yang tersedia sudah cukup jelas.

9. Referensi